Resep Bakso Bawang

Bahan-bahan:



- 500 gram daging sapi giling
- 100 gram tepung sagu
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 3 siung bawang merah, iris tipis
- Minyak goreng secukupnya


Cara membuat:



1. Campurkan daging sapi giling dengan tepung sagu, bawang putih halus, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
2. Bulatkan adonan daging sapi giling sebesar bola pingpong.
3. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan bola-bola bakso ke dalam air rebusan. Rebus hingga bola-bola bakso matang.
4. Tiriskan bola-bola bakso.
5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng bawang merah iris hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Sajikan bola-bola bakso dengan bawang merah goreng sebagai topping.


Nutrisi:



- Kalori: 270 kalori
- Lemak: 14 gram
- Protein: 23 gram
- Karbohidrat: 13 gram
- Serat: 1 gram
- Gula: 1 gram
- Natrium: 650 miligram
Bakso bawang adalah salah satu jenis bakso yang sangat populer di Indonesia. Bakso bawang memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas karena ditambahkan dengan bawang goreng. Bakso bawang biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan mie atau bihun sebagai pendampingnya.
Untuk membuat bakso bawang, Anda membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Bahan utama bakso bawang adalah daging sapi giling. Pastikan Anda memilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar bakso yang dihasilkan memiliki rasa yang enak. Selain itu, Anda juga membutuhkan tepung sagu sebagai pengikat adonan bakso.
Untuk membuat adonan bakso, campurkan daging sapi giling dengan tepung sagu, bawang putih halus, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Setelah itu, bulatkan adonan daging sapi giling sebesar bola pingpong.
Rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan bola-bola bakso ke dalam air rebusan. Rebus hingga bola-bola bakso matang dan mengapung di permukaan air. Angkat bola-bola bakso dan tiriskan.
Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng bawang merah iris hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bola-bola bakso dengan bawang merah goreng sebagai topping.
Bakso bawang sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang. Bakso bawang juga dapat disajikan sebagai makanan penutup setelah makan malam. Selain itu, bakso bawang juga dapat dijadikan sebagai camilan yang enak dan gurih.
Nutrisi bakso bawang cukup seimbang. Setiap porsi bakso bawang mengandung kalori sebesar 270 kalori, lemak sebesar 14 gram, protein sebesar 23 gram, karbohidrat sebesar 13 gram, serat sebesar 1 gram, gula sebesar 1 gram, dan natrium sebesar 650 miligram. Nutrisi bakso bawang dapat berbeda tergantung pada bahan yang digunakan dan cara pengolahan yang dilakukan. Namun secara umum, bakso bawang dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

close