Resep Makanan dari Singkong Keju

1. Bahan-bahan



- 500 gram singkong, kukus dan haluskan
- 50 gram keju parut
- 2 butir telur
- 3 sendok makan tepung terigu
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- Minyak untuk menggoreng


2. Instruksi



1. Campurkan singkong yang telah dihaluskan dengan keju parut, telur, tepung terigu, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
2. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.
3. Panaskan minyak dalam wajan.
4. Goreng bola-bola singkong hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
5. Sajikan sebagai camilan atau lauk.


3. Nutrisi



- Kalori: 300 kalori
- Protein: 10 gram
- Lemak: 15 gram
- Karbohidrat: 30 gram
- Serat: 3 gram


4. Keju Singkong Goreng



Keju Singkong Goreng adalah camilan yang mudah dibuat dan cocok untuk menemani waktu santai bersama keluarga. Keju yang dicampurkan dengan singkong akan memberikan rasa gurih yang lezat.


5. Rasa yang Lezat



Singkong memiliki rasa yang cukup netral sehingga mudah dipadukan dengan bahan lain. Keju yang digunakan dalam resep ini akan memberikan rasa gurih yang lezat. Selain itu, keju juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.


6. Cara Membuatnya



Untuk membuat Keju Singkong Goreng, pertama-tama kukus singkong hingga empuk. Setelah itu, haluskan singkong dan campurkan dengan keju parut, telur, tepung terigu, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga adonan tercampur merata.


7. Bentuk Adonan



Setelah adonan tercampur merata, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Ukuran bola-bola tersebut bisa disesuaikan sesuai selera. Pastikan bola-bola tersebut tidak terlalu besar agar mudah digoreng dan matang merata.


8. Menggoreng Bola-bola Singkong



Panaskan minyak dalam wajan. Setelah itu, goreng bola-bola singkong hingga matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan minyak dalam keadaan panas agar bola-bola singkong matang merata dan tidak terlalu berminyak.


9. Sajikan sebagai Camilan atau Lauk



Keju Singkong Goreng dapat disajikan sebagai camilan atau lauk. Untuk camilan, bola-bola singkong dapat disajikan bersama saus sambal atau saus tomat. Sedangkan untuk lauk, bola-bola singkong dapat disajikan bersama nasi atau mie.


10. Nutrisi



Keju Singkong Goreng mengandung 300 kalori per sajian. Selain itu, makanan ini juga mengandung 10 gram protein, 15 gram lemak, 30 gram karbohidrat, dan 3 gram serat. Kandungan gizi tersebut membuat Keju Singkong Goreng cocok sebagai camilan atau lauk yang mengenyangkan.

close